Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 6 No. 2 (2020): Volume 6, Nomor 2, Desember 2020

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Winarto, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Peneliti mempunyai alternatif untuk menyelesaikan permasalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Karena Quantum Teaching adalah pengubahan bermacam-macam interaksi yang ada di dalam dan disekitar momen belajar. Interaksi-interaksi ini mencakup unsur-unsur belajar efektif yang mempengaruhi kesuksesan siswa. Interaksi-interaksi ini mengubah kemampuan dan bakat alamiah siswa menjadi cahaya yang bermanfaat bagi mereka sendiri dan bagi orang lain, sehingga diharapkan mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching dan apakah model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran IPA. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian Kemmis & Mc Taggart. Dimana ada empat tahapan yang harus dilakukan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...