Chemistry in Education
Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020

Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan e-LKPD Materi Hidrolisis Garam terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Sya'idah, Fatin Atikah Nata (Unknown)
Wijayati, Nanik (Unknown)
Nuswowati, Murbangun (Unknown)
Haryani, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model blended learning berbantuan e-LKPD terhadap hasil belajar peserta didik pada materi hidrolisis garam di SMA Negeri 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan posttest only control group design. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling dengan hasil diperoleh kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t, hasil analisis menunjukkan rata-rata hasil posttest kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Hasil belajar psikomotorik menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen tidak berbeda dengan kelas kontrol karena variabel yang digunakan tidak berpengaruh terhadap kegiatan belajar psikomotorik peserta didik. Hasil belajar afektif menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model blended learning berbantuan e-LKPD berpengaruh meningkatkan hasil belajar kognitif dan afektif peserta didik.

Copyrights © 2020