Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Vol 5, No 2 (2020): TEKS

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS CERITA PENDEK BERBASIS KEARIFAN LOKAL MALUKU DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK SMP KABUPATEN MALUKU TENGAH

Abdurahman Marasabessy (Unknown)
Harjito Harjito (Unknown)
Suwandi Suwandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2020

Abstract

Bahan ajar merupakan segala bahan informasi yang disusun secara sistematis, yang menampilkan keutuhan dari kompetensi yang akan dikuasai oleh siswa dan digunakan pada saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Untukmengetahuikebutuhanbahan ajar menulis cerpen pada siswa SMP Kabupaten Maluku Tengah. 2) Untukmengetahui pengembangan bahan ajar proteti pemenulis cerpen berbasis kearifan lokal Maluku untuk siswa SMP kabupaten Maluku Tengah.Penelitian dilakukan dengan menggunakan metodeResearch and Development oleh Borg dan Gal tahap pengembangan meliputih 1) tahap analisis kebutuhan bahan ajar pada sekolah yang disesuaikan dengan kurikulum  kemudian dibuat dalam dalam bentuk angket dan wawancara kepada siswa dan guru sesuai dengan kebutuhan bahan ajar dan dibuat dalam bentuk draaf bahan ajar 2) tahap validasi yang dilakukan oleh ahli untuk mengetahui kondisi bahan ajar yang akan di gunakan di sekolah 3) tahap uji coba yang dilakukan pada dua sekolah 4) menganalisis hasil uji coba dan penyempurnaan bahan ajar. Hasil validasi menunjukan prensentasi di atas 85% dan di konversikan dalam kriteria yang predikat nilainya Sangat Layak digunakan. Setelah validasi dilakukan selesai maka tahap yang berikut adalah uji coba terbatas pada uji coba terbatas pada dua sekolah Dalam proses kegiatan pembelajaran menulis banyak siswa mendapat nilai diatas KKM yaitu :  pada sekolah  a) siswa yang mendapat nilai di  atas KKM adalah 21 siswa sedangkan nilai di bawah KKM 9 siswa dan pada sekolah b) siswa yang mendapat nilai di atas KKM 18 siswa sedangkan di bwah KKM 12siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

teks

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah TEKS Program S2 PBSI memuat hasil analisis, pemikiran, dan penelitian yang berkaitan dengan bahasa, sastra, dan pengajarannya. Terbit dua kali dalam setahun. Dikelola dengan penanggung jawab ketua program studi, dan diterbitkan atas dukungan penuh Universitas PGRI Semarang. Manajerial ...