Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Vol 5, No 2 (2020): TEKS

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA BAGAN BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SMP KELAS VII KOTA SEMARANG

Ninik Nurhidayati (Unknown)
Harjito Harjito (Unknown)
Suwandi Suwandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2020

Abstract

Artikel berikut membahas hasil penelitian pengembangan pada bahan ajar teks deskripsi dengan media bagan berbasis kontekstual untuk SMP kelas VII Kota Semarang. Tujuan  penelitian ini untuk mengetahui bahan ajar apa saja yang digunakan dalam pembelajaran teks deskripsi  di SMP kelas VII Kota Semarang saat ini dan pengembangan bahan ajar teks deskripsi yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan tes. Produk hasil pengembagan berupa modul yang telah melalui tahap ahli materi, ujicoba, dan analisis hasil. Isi bahan ajar terdiri dari materi teks deskripsi, evaluasi kompetensi pengetahuan, latihan menulis teks deskripsi mengunakan bagan berbasis kontekstual, evaluasi keterampilan menulis deskripsi menggunakan bagan berbasis kontekstual. Hasil evaluasi pembelajaran menggunakan bahan ajar ini adalah peserta didik memeroleh nilai rata-rata 83,03 di Sekolah 1 dan 84,17 di Sekolah 2.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar yang digunakan untuk pembelajaran adalah buku paket atau buku siswa yang diterbitkan oleh Kemeterian Republik Indonesia. Pengembangan bahan ajar menulis teks deskripsi dibutuhkan untuk meningkatkan pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

teks

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah TEKS Program S2 PBSI memuat hasil analisis, pemikiran, dan penelitian yang berkaitan dengan bahasa, sastra, dan pengajarannya. Terbit dua kali dalam setahun. Dikelola dengan penanggung jawab ketua program studi, dan diterbitkan atas dukungan penuh Universitas PGRI Semarang. Manajerial ...