AKSIOMA
Vol 12, No 1 (2021): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Peningkatan hasil belajar matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karangwuni 03 melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD

MULYANI, SRI (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri Karangwuni 03 yang berada dibawah KKM. Metode ini juga guna untuk membeikan inovasi metode pembelajaran dalam mata pelajaran ini agar siswa dapat berperan aktif dalam proses KBM. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan tiga siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data dapat disimpulkan melalui metode pembelajaran koopertaif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor pada setiap siklusnya. Pada siklus 1 menunjukkan pencapaian belum maksimal, Prosentase keberhasilan (ketuntasan) siswa dari nilai kognitif 60 %, nilai afektif 70 %, dan psikomotor 70 %. Pada siklus II Prosentasi peningkatan ketuntasan siswa pada nilai kognitif, Afektif, dan psikomotor sebesar 70% dengan nilai rata-rata 81.3 pada ketiga aspek. Kemudian untuk siklus ke III menunjukkan hasil yang cukup signifikan dengan rata-rata nilai 87.0 dan tingkat ketuntasan adalah 90-100 %.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali ...