Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam menerapkan model pembelajaran yang tepat dan penggunaan media yang efektif dalam pembelajaran tema 9 kayanya negeriku kelas IV. Seringkali penerapan model pembelajaran pada kegiatan belajar mengajar masih belum diterapkan secara optimal dan terus menerus, untuk itu perlu adanya penerapan model pembelajaran misalnya Problem Based Learning yang dapat di terapkan pada materi tema 9 kayanya negeriku di kelas IV. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN 2 Turunrejo Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal pada semester II tahun pelajaran 2020/2021 selama 2 bulan dari bulan April sampai bulan Mei, dengan subjek penelitian berjumlah 19 siswa kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus setiap siklus dua kali pertemuan dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan tes evaluasi untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning dibuktikan dengan hasil data penelitian sebagai berikut, Hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Turunrejo pada siklus I di peroleh nilai rata-rata 78 dengan persentase ketuntasan klasikal 85%. Pada siklus kedua dengan nilai rata-rata 82 dan persentase klasikal 95% Dan pada siklus ketiga ini dengan nilai rata-rata 88 dengan persentase ketuntasan klasikan 100%. Walaupun hanya sedikit peningkatan pada setiap siklusnya, data hasil peningkatan tetap masih menunjukkan bahwa penelitian ini mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%.
Copyrights © 2021