ABSTRAK: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar sejarah menggunakan model pembelajaran kreatif dan produktif pada siswa kelas X IPS. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X IPS.1 SMA Negeri 1 Ladongi tahun pelajaran 2018/2019. Dari hasil penelitian diproleh bahwa hasil belajar siswa  pada  siklus  I, persentase yang tuntas adalah 58,97 %, sedangkan yang tidak tuntas adalah 41,03%, dengan nilai rata-rata 70 . Pada siklus II hasil belajar nilai siswa menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dibanding pada siklus I. Hasil belajar siswa pada siklus II , presentase dari tingkat ketuntasan adalah 84,62 % sedangkan siswa yang tidak tuntas dengan presentase 15,38%. Jadi nila rata-rata kelas pada siklus 2 adalah 78,20%. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model kreatif dan produktif memberikan dampak yang positif bagi siswa dalam proses belajar mengajar. Dengan demikian pembelajaran yang berlangsung pada sikklus 2 ini sudah dianggap berhasil karena sudah mencapai indikator.Â
Copyrights © 2021