Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO
Vol 6, No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DAN PRODUKTIF PADA SISWA KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 1 LADONGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

baharuddin, Baharuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

ABSTRAK: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar sejarah menggunakan model pembelajaran  kreatif dan produktif  pada  siswa kelas X IPS. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X IPS.1 SMA Negeri 1 Ladongi tahun pelajaran 2018/2019.  Dari hasil penelitian diproleh bahwa hasil belajar siswa  pada  siklus  I,  persentase yang tuntas adalah 58,97 %, sedangkan yang tidak  tuntas adalah 41,03%, dengan nilai  rata-rata 70 . Pada siklus II hasil belajar nilai siswa menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dibanding pada siklus I. Hasil belajar siswa pada siklus II , presentase dari tingkat ketuntasan  adalah 84,62 % sedangkan siswa yang tidak tuntas dengan presentase 15,38%. Jadi nila rata-rata kelas pada siklus 2 adalah 78,20%. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model kreatif dan produktif memberikan dampak yang positif bagi siswa dalam proses belajar mengajar. Dengan demikian pembelajaran yang berlangsung pada sikklus 2 ini sudah dianggap berhasil karena sudah mencapai indikator. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

p_sejarah_uho

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Terbitan awal Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO ...