Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO
Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VIII-1 SMP NEGERI 1 SAMPARA

Sigalingging, Ardian Brendy (Unknown)
anwar, anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2020

Abstract

ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk meningkatkan keefektifan mengajar guru IPS kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Sampara melalui penerapan model pembelajaran Mind Mapping. 2) Untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Sampara melalui penerapan model pembelajaran Mind Mapping. 3) Untuk meningkatkan hasil IPS pada siswa kelas VIII-1 SMPNegeri1 Sampara melalui penerapan model pembelajaran Mind Mapping. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan prosedur pelaksanaannya melalui empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan memberikan tes tertulis dalam bentuk esai pada tiap akhir siklus pembelajaran.Sesudah itu juga dilakukan pengamatan terhadap keefektifan mengajar guru dan aktivitas belajar siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik sederhana yaitu analisis deskriptif untuk menentukan persentase peningkatan keefektifan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa sesudah melakukan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Keefektifan mengajar guru IPS berdasarkan skenario penelitian yang dilaksanakan mengalami peningkatan setiap siklusnya. Persentase yang diperoleh pada siklus I sebesar 71,42% dan pada siklus II meningkat sebesar 92,85%. 2) Aktivitas belajar IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping sudah menunjukan peningkatan yang signifikan. Persentase yang diperoleh pada siklus I sebesar 60% dan pada siklus II meningkat sebesar 90%. 3) Hasil belajar IPS siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dengan persentase ketuntasan secara klasikal telah tercapai 80%. Hasil tes pada siklus I yaitu sebesar 40% dengan rata-rata 67,46, sedangkan pada siklus II hasil tes mengalami peningkatan menjadi 90% dengan nilai rata-rata 80,06. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini telah berhasil meningkatkan keefektifan mengajar guru IPS, aktivitas belajar IPS siswa, dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Sampara melalui penerapan model pembelajaran Mind Mapping. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Mind Mapping

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

p_sejarah_uho

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Terbitan awal Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO ...