Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar
Vol 9, No 2 (2019): Vol 9, No 2 (2019)

PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI KELAS IV SDN 33 GURUN PANJANG KECAMATAN KOTO XI TARUSAN

Resva Ingriza (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran siswa hanya duduk, diam, mendengar, malas bertanya, tidak mau menjawab. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dilakukan PTK dengan menggunakan model kooperatif  STAD. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 22 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat diketahui bahwa rata-rata nilai ulangan harian siklus I adalah 57,95 dengan persentase ketuntasan belajar 45,45 dan pada siklus II adalah 74,31 dengan persentase ketuntasan belajar 77,27. Dari lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata aktivitas siswa dalam bertanya 18,17%, menjawab pertanyaan 49,99%, dan menjawab kuis secara individual adalah 57,57%. Sedangkan pada siklus II rata-rata persentase aktivitas bertanya 68,18%,  menjawab pertanyaan 77,27%, dan menjawab kuis secara individu adalah 86,35%. Ini berarti pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model STAD berlangsung dengan baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

alawlad

Publisher

Subject

Education

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember mulai tahun 2009, setiap volume ada 2 edisi. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan pemikiran orisinil dibidang pendidikan khusus pendidikan dasar atau madrasah ...