Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar
Vol 10, No 1 (2020): Vol 10, No 1 (2020)

MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF DENGAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI

Khadijah Khadijah (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Zulvia Trinova (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Lastri Susanti (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya nilai tematik pada pembelajaran PKN dan Bahasa Indonesia peserta didik di MIN 1 Kota Pariaman Tahun Ajaran 2019/2020 yang sebagian besar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. Pembelajaran masih didominasi  oleh pendidik sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik kurang berinteraksi dan kerja sama antar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar PKN dan Bahasa Indonesia peserta didik kelas II MIN 1 Kota Pariaman, yang menerapkan Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dari hasil belajar peserta didik yang tidak menerapkan Strategi CTL. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasy Experiment dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II MIN 1 Kota Pariaman dengan jumlah peserta didik sebanyak 52 orang yang terdiri dari 2 kelas. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan berupa penerapan Strategi CTL, sedangkan kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran biasa. Penelitian dilaksanakan dari bulan Juni sampai Agustus 2019. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes akhir. Hasil menunjukkan bahwa perolehan rata-rata nilai kelas eksperimen 78,25 dan rata-rata nilai kelas kontrol 62,5. Berdasarkan hasil uji-t sehingga diperoleh thitung>ttabel (4,069>0,2732) dengan α= 0,05 pada taraf kepercayaan 95%. Maka keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima artinya hasil belajar PKN dan Bahasa Indonesia peserta didik yang menerapkan Strategi CTL baik daripada hasil belajar peserta didik yang tidak menerapkan Strategi CTL di kelas II MIN 1 Kota Pariaman Tahun Ajaran 2019/2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

alawlad

Publisher

Subject

Education

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember mulai tahun 2009, setiap volume ada 2 edisi. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan pemikiran orisinil dibidang pendidikan khusus pendidikan dasar atau madrasah ...