Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar
Vol 9, No 2 (2019): Vol 9, No 2 (2019)

PENGARUH DISIPLIN DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIN 1 KOTA PADANG

Vini Wela Septiana (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)
Mahmud Mahmud (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian expost facto, penelitian ini dilakukan setelah melihat fenomena-fenomena yang telah terjadi di MIN 1 Kota Padang setelah melakukan observasi. Hasil observasi menemukan bahwa terdapat peserta didik yang belum disiplin dalam belajar dan masih kurang aktif dalam mengikuti pelajaran. Peneliti ingin mengetahui  apakah terdapat pengaruh disiplin dan aktivitas belajar ini terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh disiplin terhadap hasil belajar peserta didik di MIN 1 Kota Padang, (2) Pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar peserta didik di MIN 1 Kota Padang, (3) pengaruh disiplin dan aktivitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar peserta didik MIN 1 Kota Padang. Instrumen penelitian untuk meneliti kedisiplinan dan aktivitas terhadap hasil belajar adalah teknik angket yang dimana telah disediakan alternatif-alternatif jawaban yang telah disediakan. Kemudian populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MIN 1 Kota Padang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

alawlad

Publisher

Subject

Education

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember mulai tahun 2009, setiap volume ada 2 edisi. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan pemikiran orisinil dibidang pendidikan khusus pendidikan dasar atau madrasah ...