Jurnal Riset Pendidikan Fisika
Vol 5, No 1 (2020): Mei

Pengembangan Modul Fisika Berbasis Guided Inquiry pada Materi Suhu dan Kalor Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas X

Wahyu Dwi Wulansari (Universitas Negeri Malang)
Supriyono Koes Handayanto (Universitas Negeri Malang)
Sumarjono Sumarjono (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2020

Abstract

Untuk meningkatkan kemampuan siswa di bidang sains diperlukan penggunaan modul berbasis guided inquiry. Berdasarkan analisis modul di lapangan, modul yang ada belum sesuai. Hasil wawancara guru fisika SMA diperoleh bahwa penggunaan modul sangat dibutuhkan. Sebanyak 88,9% siswa merasa lebih memahami fisika melalui praktikum dan 76,7% siswa memilih bahan ajar yang berisi rangkuman materi, praktikum, dan latihan soal beserta pembahasan. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Borg dan Gall sampai tahap ketujuh. Berdasarkan hasil uji kelayakan isi dan penyajian oleh ahli serta uji coba terbatas oleh 34 siswa SMA kelas X diperoleh hasil bahwa modul yang dikembangkan sudah layak digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA/MA kelas X pada materi suhu dan kalor.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The scope of this journal covers all areas included in physics and science education including (but not limited to): Innovative Pedagogical Approaches in Physics Education Physics Education in Industrial Revolution 4.0 Physics Learning Media Lesson Study Physics Teacher Professionality Development ...