Jurnal Riset Pendidikan Fisika
Vol 6, No 1 (2021): Mei

Pengaruh E-Modul Berbasis TPACK-STEM terhadap Literasi Sains Alat Optik dengan Model PBL-STEM Disertai Asesmen Formatif

Dini Mahirotul Aulia (Universitas Negeri Malang)
Parno Parno (Unknown)
Sentot Kusairi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa SMA Negeri 9 Malang kelas XI yang belajar menggunakan E-Modul berbasis TPACK-STEM yang disajikan dengan model PBL-STEM disertai asesmen formatif pada materi alat optik. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimrn semu (quasi experiment) dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Instrument yang digunakan berupa soal uraian materi alat optik dengan reliabilitas 0,87. Data diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 25,18 dan nilai rata-rata posttest sebesar 36,26. Berdasarkan hasil analisis data paired sampel test  diperoleh t hitung > t tabel = 41,858>2,024 dan nilai sigifikansi lebih kecil dari 0,05 maka maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains setelah diberi perlakuan lebih tinggi dari pada kemampuan literasi sains sebelum diberi perlakuan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The scope of this journal covers all areas included in physics and science education including (but not limited to): Innovative Pedagogical Approaches in Physics Education Physics Education in Industrial Revolution 4.0 Physics Learning Media Lesson Study Physics Teacher Professionality Development ...