Jurnal Riset Pendidikan Fisika
Vol 4, No 2 (2019): November

Pengaruh STEM-Thinking Maps pada Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI pada Materi Suhu dan Kalor

Laras Wastiti (Universitas Negeri Malang)
Sulur Sulur (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh STEM berbantuan Thinking Maps pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini mengunakan rancangan Kuasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA MAN 1 Malang, Gondanglegi. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel yang diperoleh yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Setelah dilakukan uji prasyarat ternyata terdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t menunjukkan bahwa STEM berbantuan Thinking Maps berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh STEM berbantuan Thinking Maps pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini mengunakan rancangan Kuasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA MAN 1 Malang, Gondanglegi. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel yang diperoleh yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Setelah dilakukan uji prasyarat ternyata terdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t menunjukkan bahwa STEM berbantuan Thinking Maps berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jrpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The scope of this journal covers all areas included in physics and science education including (but not limited to): Innovative Pedagogical Approaches in Physics Education Physics Education in Industrial Revolution 4.0 Physics Learning Media Lesson Study Physics Teacher Professionality Development ...