Musim pandemi Covid-19 memaksa semua level pendidikan melakukan pembelajaran online.Banyak Learning Management System (LMS) ditawarkan sebagai solusi pembelajaran onlinetermasuk LMS Schoology. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui respon penggunaanpembelajaran online dengan LMS Schoology pada pembelajaran fisika SMA materi Fluida.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitianini adalah siswa kelas XIB SMA Trensains Muhammadiyah Sragen yang dipilih denganpurposive sampling. Fokus deskripsi penelitian pada tingkat partisipasi siswa saatpembelajaran dan respon kegiatan pembelajaran dengan LMS Schoology. Pengumpulan datadilakukan dengan observasi dan angket. Observasi dilakukan dengan mengamati tingkatpartisipasi siswa mengisi presensi, mengikuti diskusi, dan mengumpulkan tugas tepat waktu.Angket dilakukan setelah pembelajaran materi fluida statis selesai untuk memperoleh responsiswa selama kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menyatakan bahwa partisipasi siswacenderung sangat baik dalam kepesertaan, sangat rendah dalam diskusi, dan cenderung baikdalam pengumpulan tugas tepat waktu. Namun, melalui angket siswa merespon pembelajarandengan LMS Schoology kurang tepat. Peranan guru dalam pembelajaran fisika masihdiperlukan untuk mencapai efektifitas pembelajaran fisika yang maksimal.
Copyrights © 2021