Tekno : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan
Vol 30, No 2 (2020)

Pengembangan Mobile Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Polymorphism Siswa Kelas XI Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 2 Singosari

Lazuardy Syahrul Darfiansa (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2020

Abstract

Pengembangan mobile learning penggunaan media sebagai alat bantu belajar dengan memanfaatkan gadget yang dimiliki peserta didik. Dapat mempermudah dan menarik keinginan peserta didik dalam mempelajari suatu materi. Peserta didik mengalami kesulitan materi Polymorphism karena belum optimalnya media pembelajaran yang digunakan saat proses pembelajaran dalam bentuk buku cetak dan handout yang tidak interaktif sehingga kurang menarik minat peserta didik dalam mempelajari materi. Mobile learning merupakan salah satu alternatif masalah tersebut karena terdapat banyak multimedia dan evaluasi materi yang dapat menarik minat dalam mempelajari materi untuk menunjang proses pembelajaran Oleh karena itu mengembangkan sebuah mobile learning merupakan solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pengembangan media pembelajaran menerapkan model ADDIE.Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa 93,48% media pembelajaran sangat valid dan berdasarkan ahli materi 91,06% media pembelajaran sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran. Pada proses pelaksanaan uji coba perseorangan hasilnya menunjukkan bahwa media pembelajaran 80,73% cukup valid, melalui uji kelompok kecil diketahui bahwa 86,17% sangat valid, dan hasil proses pelaksanaan uji coba lapangan menunjukkan bahwa media pembelajaran 88,83% sangat valid. Hasil peningkatan pemahaman konsep menunjukkan bahwa rata-rata peserta didik mampu mencapai nilai minimal yang telah ditentukan. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis mobile layak untuk digunakan di dalam pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tekno

Publisher

Subject

Engineering

Description

The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of electrical engineering, informatic engineering, and vocational education, and related topic are ...