Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 6, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021

PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

L. Z., Ajisarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2021

Abstract

Rendahnya kemampuan guru SMP Negeri 38 Jakarta dalam pelaksanaan standar proses pembelajaran disebabkan oleh lemahnya pengelolaan, pengorganisasian, dan pengembangan institusi. Peningkatan kemampuan guru Jakarta dalam pelaksanaan standar proses pembelajaran harus dititikberatkan pada peningkatan mutu sumber daya manusia, khususnya peningkatan kemampuan guru dalam pelaksanaan standar proses pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dirancang dalam tiga siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru Jakarta sebanyak sebanyak 24 orang. Metode pengumpulan data melalui lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan, reduksi data, paparan data, dan penyimpulan. Validasi data untuk memperoleh keyakinan terhadap kebenaran data penelitian kualitatif, dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata tingkat kemampuan guru pada siklus I sebesar 65,05% yang tergolong kurang, meningkat pada siklus II menjadi 72,14% yang masih tergolong kurang, dan pada siklus III meningkat menjadi 86,70% dengan kategori baik. Pelaksanaan supervisi akademik berbasis TIK yang dilaksanakan di Jakarta mampu meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Hal ini karena proses supervisi akademik yang dilakukan disesuaikan dengan karakteristik guru dan diawali dengan proses pembinaan dan pelatihan dengan rekan sejawat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...