Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 6, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI REAKSI REDOKS MELALUI ANIMASI INTERAKTIF

Mulyaningsih, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2021

Abstract

Pembelajaran merupakan istilah yang dulu dikenal dengan nama kegiatan belajar dan mengajar. Kesesuaian dan ketepatan penerapan suatu metode mengajar akan dapat mendorong keterlibatan siswa secara aktif dalam kegiatan proses belajar mengajar yang akan memberi peluang besar terhadap pencapaian tujuan pembelajaran. Dalam hal ini penerapan teknologi dalam pendidikan untuk mencapai mutu pendidikan. Menyiapkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing secara global, dan menguasai perkembangan teknologi merupakan hal yang penting untuk semua orang dan penting bagi masa depan suatu negara (Barry & Kanematsu, 2016). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran kimia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa di kelas X-MIPA-1 SMA Negeri 86 Jakarta Selatan. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan bahwa keberhasilan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan pemanfaatan animasi-animasi  Interaktif dibuktikan dengan semakin meningkatnya persentase motivasi dari angket yang disebarkan kepada 36 responden dari setiap siklus yaitu 70,59% pada siklus I dan 81,73% pada siklus II. Demikian juga aktivitas guru dalam pembelajaran dengan menggunakan animasi-animasi Interaktif. Pada siklus I persentase keterlaksanaan indikator mencapai 63,3%, kemudian mencapai 86,67% pada siklus II.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...