Pembelajaran merupakan istilah yang dulu dikenal dengan nama kegiatan belajar dan mengajar. Kesesuaian dan ketepatan penerapan suatu metode mengajar akan dapat mendorong keterlibatan siswa secara aktif dalam kegiatan proses belajar mengajar yang akan memberi peluang besar terhadap pencapaian tujuan pembelajaran. Dalam hal ini penerapan teknologi dalam pendidikan untuk mencapai mutu pendidikan. Menyiapkan lulusan yang berkualitas dan mampu bersaing secara global, dan menguasai perkembangan teknologi merupakan hal yang penting untuk semua orang dan penting bagi masa depan suatu negara (Barry & Kanematsu, 2016). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran kimia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa di kelas X-MIPA-1 SMA Negeri 86 Jakarta Selatan. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan bahwa keberhasilan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan pemanfaatan animasi-animasi Interaktif dibuktikan dengan semakin meningkatnya persentase motivasi dari angket yang disebarkan kepada 36 responden dari setiap siklus yaitu 70,59% pada siklus I dan 81,73% pada siklus II. Demikian juga aktivitas guru dalam pembelajaran dengan menggunakan animasi-animasi Interaktif. Pada siklus I persentase keterlaksanaan indikator mencapai 63,3%, kemudian mencapai 86,67% pada siklus II.
Copyrights © 2021