Kurang pahamnya siswa dalam menentukan strategi pembelajaran menyampaikan isi teks recount sehingga sering menyulitkan siswa dalam memahaminya dan sering menjadi masalah dalam tujuan pembelajaran tersebut tidak tercapai. Strategi pembelajaran siswa akan terganggu karena kurang pemahaman materi pelajaran yang harusnya menjadi kunci sukses dalam menguasai materi secara utuh dan baik. Dengan begitu peneliti melakukan kajian agar siswa mudah memahami materi isi teks recount dengan mudah. Penggunaan metode Absorb Learning ini dapat dijadikan pilihan dalam mengajarkan keterampilan memahami teks recount lisan kepada siswa. Metode ini mempunyai kelebihan yaitu dapat mempermudah siswa dalam mengungkapkan ide-ide tentang bahan simakan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di kelas XII-IPS-4 SMA Negeri 67 Jakarta Timur. Berdasarkan data yang diperoleh, nilai akhir siklus 1 adalah 58.68, nilai akhir siklus 2 adalah 68.60, dan nilai akhir siklus 3 adalah 71.63. Untuk nilai akhir setiap siklus dihitung dengan cara menjumlahkan hasil aktivitas siswa menjawab pertanyaan dengan persentase sebesar 30% dan menceritakan kembali dengan persentase sebesar 70%.
Copyrights © 2021