Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kemampuan sejumlah guru, khususnya guru kelas di SD Negeri Sukareja 04 Kecamatan Warureja diketahui dalam mengembangkan instrumen tes masih kurang. Berdasarkan hasil penilaian terhadap dua jenis instrumen tes yang disusun guru dapat diketahui bahwa rerata nilai instrumen tes jawaban singkat sebesar 62; sedangkan rata-rata nilai instrumen pilihan ganda sebesar 61. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan instrumen tes, sehingga evaluasi pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilaksanakan melalui proses pengkajian yang bersifat siklikal. Subjek penelitian ini adalah guru kelas yang memiliki pengalaman mengajar kurang dari 5 tahun sejumlah 3 orang. Sementara itu, objek penelitian tindakan ini adalah peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan instrumen tes. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan guru dalam mengembangkan instrumen tes dapat ditingkatkan melalui penerapan supervisi klinis. Peningkatan itu terjadi pada kemampuan mengembangkan instrumen tes jawaban singkat maupun instrumen tes pilihan ganda. 3. Dan penerapan supervisi klinis terbukti mampu meningkatkan minat guru dalam mengembangkan instrumen tes, yakni nilai minat pada siklus 179 menjadi 93.
Copyrights © 2021