Guru memiliki peran sebagai desainer (perencana), implementor (pelaksana), dan evaluator (penilai) kegiatan pembelajaran. Sebagai desainer (perencana), guru berkewajiban menyusun silabus dan RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP melalui bimbingan secara berkelanjutan dan mengadakan seminar hasil RPP. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang berlokasi di SMA Negeri 108 Pesanggrahan, Jakarta Selatan dengan subyek penelitian berjumlah 34 orang guru. Penelitian ini menggunakan instrumen yang meliputi panduan wawancara, lembar observasi, dan catatan hasil diskusi. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Pada siklus I nilai rata-rata komponen RPP 69%,pada siklus II mengalami peningkatan sejumlah 14% sehingga nilai rata-rata menjadi 83%. Bimbingan secara berkelanjutan dan mengadakan seminar hasil dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Berdasarkan hasil pengamatan pada saat wawancara dan bimbingan pengembangan/penyusunan RPP, guru menunjukkan keseriusan dalam memahami dan menyusun RPP.
Copyrights © 2021