Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 6, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021

PENINGKATAN KUALITAS PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI KEGIATAN BIMBINGAN SEMINAR BERKELANJUTAN

Miad, Marjuki (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2021

Abstract

Guru memiliki peran sebagai desainer (perencana), implementor (pelaksana), dan evaluator (penilai) kegiatan pembelajaran. Sebagai desainer (perencana), guru berkewajiban menyusun silabus dan RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP melalui bimbingan secara berkelanjutan dan mengadakan seminar hasil RPP. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang berlokasi di SMA Negeri 108 Pesanggrahan, Jakarta Selatan dengan subyek penelitian berjumlah 34 orang guru. Penelitian ini menggunakan instrumen yang meliputi panduan wawancara, lembar observasi, dan catatan hasil diskusi. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Pada siklus I nilai rata-rata komponen RPP 69%,pada siklus II mengalami peningkatan sejumlah 14% sehingga nilai rata-rata menjadi 83%. Bimbingan secara berkelanjutan dan mengadakan seminar hasil dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Berdasarkan hasil pengamatan pada saat wawancara dan bimbingan pengembangan/penyusunan RPP, guru menunjukkan keseriusan dalam memahami dan menyusun RPP.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...