Keberhasilan proses pembelajaran merupakan hal utama yang didambakan dalam melaksanakan pendidikan di Madrasah. Langkah guru dalam menetapkan model pembelajaran yang tepat untuk menyampaikan materi pelajaran di kelas merupakan salah satu penentu keberhasilan, sehingga peningkatan hasil belajar peserta didik dapat tercapai. Hal tersebut perlu ditingkatkan melalui implementasi Model Pembelajaran take and give. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas III.1 MIN I Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 26 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh data Pada siklus 1 untuk nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh sudah mencapai indikator yang ditetapkan, tetapi untuk persentase ketuntasan masih di bawah indikator yang ditetapkan. Pada siklus 2 rata-rata kelasnya mencapai 90,77. Peserta didik yang tuntas sebanyak 23 orang (88%) dan yang tidak tuntas sebanyak 3 orang (12%) dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60. Pada siklus 2 hasil belajar yang diperoleh sudah mencapai indikator yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi model pembelajaran take and give dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik . Hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan model pembelajaran take and give pada materi operasi hitung perkalian untuk meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik.
Copyrights © 2021