Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 6, No 1 (2021): Edisi Januari - April 2021

UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI MENGHITUNG OPERASI PERKALIAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE

-, Nafisah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2021

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran merupakan hal utama yang didambakan dalam melaksanakan pendidikan di Madrasah. Langkah guru dalam menetapkan model pembelajaran yang tepat untuk menyampaikan materi pelajaran di kelas merupakan salah satu penentu keberhasilan, sehingga peningkatan hasil belajar peserta didik dapat tercapai. Hal tersebut perlu ditingkatkan melalui implementasi Model Pembelajaran take and give. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas III.1 MIN I Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 26 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh data Pada siklus 1 untuk nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh  sudah mencapai indikator yang ditetapkan, tetapi untuk persentase ketuntasan masih di bawah indikator yang ditetapkan. Pada siklus 2 rata-rata kelasnya mencapai 90,77. Peserta didik yang tuntas sebanyak 23 orang (88%) dan yang tidak tuntas sebanyak 3 orang (12%) dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60. Pada siklus 2 hasil belajar yang diperoleh sudah mencapai indikator yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi model pembelajaran take and give dapat meningkatkan hasil  belajar  peserta didik . Hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan model pembelajaran take and give pada materi operasi hitung perkalian untuk meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...