Pendidikan sebagai bagian dari pembangunan nasional merupakan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan derajat kehidupan manusia Indonesia. Kompetensi, motivasi, supervisi dan silabus menjadi bagian penting dalam menentukan kualitas belajar siswa demi tercapainya tujuan pendidikan. Melihat kenyataan bahwa beberapa guru sebagian besar belum menunjukkan motivasi tinggi dan belum mampu menyusun silabus yang terintegrasi dengan pendidikan budaya dan karakter bangsa secara mandiri maka peneliti melakukan penelitian yang berkaitan dengan empat hal tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Wotgalih 02 Kabupaten Tegal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat di simpulkan bahwa 33,3 % di kondisi awal 3 guru bisa menyusun silabus dibandingkan dengan hasil penelitian siklus I sebesar 58,3 % guru dapat menyusun silabus terdapat peningkatan motivasi dan kompetensi menyusun silabus berbasis pendidikan budaya dan karakter bangsa. Perbandingan hasil penelitian siklus I dengan hasil penelitian siklus II terdapat peningkatan motivasi dan kompetensi menyusun silabus berbasis pendidikan budaya dan karakter bangsa sebesar 25 %.
Copyrights © 2021