Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 6, No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021

PENGGUNAAN BAHASA ALAY DI KALANGAN REMAJA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Yanti, Aulia Puji (Unknown)
Triana, Leli (Unknown)
Nirmala, Afsun Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa alay yang digunakan remaja Desa Mejabung Panggung di Facebook dan Memaparkan implikasi hasil penelitian ini terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang ditemukan dalam penelitian ini diidentifikasikan dengan cara meneliti kembali data yang sudah diperoleh. Teknik yang digunakan yaitu teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode padan. Penelitian ini Memaparkan implikasi hasil penelitian ini terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Hasil penelitian penggunaan bahasa alay pada remaja Mejabung Kota Tegal di Facebook ditemukan 1. Dua puluh empat data yang sudah dipersentasekan, penggunaan huruf kapital 20%, pengurangan dan penambahan huruf 25%, penggunaan angka 8%, penggunaan bahasa daerah 17%, penggunaan bahasa asing 17%, dan mengganti huruf 13%. Semua data sudah dianalisis sesuai dengan prosedur penelitian yang ditentukan. 2. Hasil penelitian diimplikasikan terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas VIII semester 1(satu) menggunakan kurikulum 2013, KD 3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar, KD 4.4 Menyajikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis. Berdasarkan simpulan di atas, maka disarankan penelitian ini dapat bermanfaat bagi siswa untuk belajar tentang surat pribadi dan surat dinas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...