Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 6, No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021

EUFEMISME PADA BERITA SURAT KABAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Priani, Suci Nia (Unknown)
Purwanto, Burhan Eko (Unknown)
Riyanto, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk ungkapan dan skala pengukuran kesantunan berbahasa dalam berita surat kabar Tribunjateng.com edaran bulan Februari-Maret 2020 dan mendeskripsikan implikasi penggunaan eufemisme terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah wacana atau teks berita surat kabar Tribunjateng.com edaran bulan Februari-Maret 2020. Wujud data dalam penelitian ini adalah data tertulis berupa penggalan pada teks berita surat kabar Tribunjateng.com edaran bulan Februari-Maret 2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik baca dan teknik catat. Analisis data yang dilakukan yaitu metode padan dengan teknik lanjutannya menggunakan teknik pilah unsur penentu. Hasil penelitian menunjukan bahwa ditemukan bentuk ungkapan eufemisme yaitu (1) penggunaan singkatan yang berupa inisialen, akronim, dan bentuk yang dibakukan, (2) penggunaan serapan, (3) penggunaan istilah asing, (4) penggunaan metafora, dan (5) penggunaan perifrasis. Dari ke lima ungkapan tersebut kemudian diukur menggunakan skala kesantunan berbahasa yang berupa skala kerugian-keuntungan (cost-benefit-scale) dan skala ketaklangsungan (indirectness scale). Hasil penelitian ini diimplikasikan dalam pelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas VIII pada KD (4.1) Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...