Jurnal Guru Dikmen & Diksus
Vol. 3 No. 2 (2020): Juli - Desember 2020

PELATIHAN KETERAMPILAN SOSIAL MODEL REMAJA KUAT DALAM PENANGANAN KORBAN CYBERBULLYING

Handayani, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas program keterampilan sosial dengan menggunakan model Remaja Kuat dalam menangani korban cyberbullying dan mengetahui perbedaan efektivitas program keterampilan sosial Remaja Kuat antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental, dengan metode penelitian quasi eksperimen atau  eksperimen semu, dengan desain penelitian pre-test and post-test with control group design. Jumlah sampel 24 responden dengan teknik total sampling (12 intervensi dan 12 kontrol dengan random sampling). Kelompok intervensi diberikan intervensi berupa pelatihan Remaja Kuat dan tidak melibatkan perlakuan pada kelompok kontrol (untreated control group design). Pengukuran dilakukan dengan membandingkan skor harga diri peserta pada saat pretest dan posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa program Remaja Kuat secara signifikan dapat meningkatkan harga diri korban cyberbullying pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat efektivitas pelatihan Remaja Kuat dalam menangani korban cyberbullying. Hasil eksperimen  menunjukkan bahwa Program Remaja Kuat secara signifikan dapat meningkatkan harga diri korban cyberbullying pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Rekomendasi penelitian ini adalah perlunya meningkatkan efektivitas program penanganan korban cyberbullying dan korban bullying.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jgdd

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Dikmen dan Diksus merupakan wahana saling bertukar pandangan dan pengalaman bagi guru dan pemerhati pendidikan untuk meningkatkan mutu guru dan mutu pendidikan pada jenjang pendidikan menengah dan pendidikan khusus. Tema-tema pengembangan pendidikan yang dapat diterbitkan diantaranya ...