Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan
Vol 7, No 3 (2020): Volume 7 Nomor 3

PERAN PEER ASSISTED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIKUM ANATOMI DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ABULYATAMA

Nana Trebna Zulvia (Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama)
Syarifah Nora Andrianty (Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama)
Yuni Rahmayanti (Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Metode pembelajaran di fakultas kedokteran bermacam-macam, salah satunya yaitu Peer Assisted Learning (PAL) yang digunakan pada praktikum anatomi. Peer Assisted Learning merupakan pendekatan pembelajaran yang menggunakan peer tutor sebagai pengajar. Sampai sekarang belum ada keseragaman secara nasional dalam kurikulum materi dan model pembelajaran anatomi di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini menggunakan Clinical Teaching Preference Questionnaires (CTPQ). Berdasarkan analisis data diperoleh hasil 1. Peran peer mentor dibagi menjadi lima kategori yaitu rendah 6.9%, sedang 23%, tinggi 51.7% dan sangat tinggi 18.4%. Hasil ujian pratikum anatami didapatkan mahasiswa yang ujian praktikum anatomi sebanyak lulus 31% dan tidak lulus (69%). Dilakukan uji chi-square didapatkan nilai (P value =0.775) yang berarti tidak terdapat hubungan antara peran peer assisted learning dengan nilai ujian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kesehatan

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Health Professions Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal Ilmu Kedokteran dan kesehatan (JIKK) menyediakan platform untuk mempublikasikan artikel bidang Kedokteran dan kesehatan yang meliputi: kedokteran komunitas: epidemiologi penyakit, promosi kesehatan kedokteran keluarga pendidikan kedokteran kedokteran klinis: pediatrik, endokrin, reproduksi, ...