Krisis generasi muda terhadap pemahaman nilai pancasila serta jauh dari pengamalan nilai-nilai Pancasila yang dapat terlihat pergaulan bebas mereka dari gaya berpakaian ke barat-baratan, hingga mengikuti gaya hidup yang tidak sesuai dengan sebagai mana mestinya. Maka tujuan penelitian ini untuk menjelaskan implementasi nilai nilai dasar Pancasila pada mata pelajaran PPKN Khusus nya Sila ke 2 Kemanusiaan yang Adil dan Beradab (Studi Kasus) siswa SMK PGRI 3 TULUNGAGUNG Kelas XI Administrasi Perkantoran Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan uji kredibilitas dengan perpanjangan waktu dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi nilai nilai dasar Pancasila pada mata pelajaran ppkn khusus nya Sila ke 2 Kemanusiaan yang adil dan beradab (Study kasus) siswa SMK PGRI 3 TULUNGAGUNG kelas XI administrasi perkantoran dilihat dari keterlaksanaan kegiatan pemblajaran di lokasi penelitian. Nilai Pancasila sila ke dua pada mata pelajaran ppkn di sekolah di dukung oleh guru-guru terutama guru mata pelajaran ppkn yang telah memberikan contoh yang baik. Dimensi sikap toleransi menghargai dan tenggang rasa serta terdapat aktivitas pemblajaran yang didukung oleh fasilitas yang ada di sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020