Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa dan faktor penyebab siswa mengalami kesulitan belajar siswa kelas III sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah matematika berbentuk soal cerita matematika berdasarkan teori Newman. Metode penelitian ini adalah deksriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode tes dan wawancara terstruktur, dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDK Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa kelas III dalam menyelesaikan masalah matematika berbentuk soal cerita materi satuan baku panjang, berat dan waktu berdasarkan teori Newman yaitu (1) kesulitan membaca yang dihadapi siswa terdapat 31,25%, (2) kesulitan memahami yang dialami siswa terdapat 33,33%, (3) kesulitan transformasi yang dialami siswa terdapat 50%, (4) kesulitan keterampilan proses yang dialami siswa terdapat 50%, dan (5) kesulitan penulisan jawaban dialami 70,66%. Faktor-faktor yang menjadi penyebabnya adalah karena siswa tidak lancar membaca soal, siswa tidak mampu menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan, siswa sulit untuk menentukan rumus apa yang akan digunakan untuk proses penyelesaian dan siswa tidak mempu menarik kesimpulan pada proses akhir. Jadi dapat disimpulkan bahwa kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berbentuk soal cerita banyak dialami pada tranfortasi, ketrampilan proses dan penulisan jawaban.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020