Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses analisis perhitungan yang mempengaruhi dalam manajemen rekening pelanggan dengan menggunakan metode catat meter terpusat. Aplikasi catat meter terpusatdi PT. PLN (Persero) Distribusi Banten Area Cikupa. Dari proses rekening pelanggan tersebut dapat diketahui bahwa PT. PLN (Persero) Distribusi Banten Area Cikupa menangani kurang lebih 386.500 pelanggan masyarakat. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu menggunakan metode observasi dan wawancara secara terstruktur. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa aplikasi catat meter terpusat diimplementasikan untuk data pelanggan pada bulan Januari sampai Juli 2020. Dalam analisis perhitungan tersebut didapat dari nomor rekening listrik pelanggan dihitung berdasarkan tarif dasar listrik tersebut. Jadi apabila sistem membaca umlah KWH sama dengan nol, rele akan tetap off dan sistem berada pada kondidi stand by.
Copyrights © 2021