Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Vol 6 No 1 (2021): Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam

Pesan Dakwah Melalui Media Instagram

Pramita Dewi S. (Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Atjep Muhlis (Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Asep Shodiqin Maulana (Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana isi pesan dakwah dalam videogram sebuah akun Instagram conntent creator @arifmuhammaddd_ dan bagaimana strategi penyajian pesan dakwah pada videogram akun tersebut. Metode penelitian menggunakan metode analisis isi metode ini digunakan untuk menganalisis, menguraikan, memahami dan menjelaskan yang terdapat pada penelitian sehingga kita dapat mengetahui pesan dan strategi yang digunakan dalam videogram tersebut. Analisis data dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pesan dakwah yang disampaikan bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah. Pesan dakwahnya terbagi menjadi tiga golongan pesan akidah, pesan ibadah dan pesan akhlak. Strategi penyajian pesan melalui media sosial Instagram. Penyajiannya berupa pesan kebaikan yang dikemas melalui videogram yang di dalamnya terkandung beberapa unsur dakwah serta memiliki nilai edukasi dan komedi sehingga lebih mudah diterima oleh kalangan masyarakat dan khalayak ramai tentunya remaja. Kata Kunci : Pesan Dakwah; Instagram; Media Sosial. This research is to study how the contents of the da'wah message in the videogram of an Instagram account creator @arifmuhammaddd_ and how the strategy of presenting the da'wah message on the videogram account is. The research method using the content analysis method is used to analyze, describe, discuss and explain related to research so that we can understand the messages and strategies used in the videogram. Data analysis with qualitative analysis. The results showed that the message of da'wah delivered came from the Al-Qur’an and As-Sunnah. The message of da'wah is divided into three categories of religious messages, religious messages and moral messages. Strategy for presenting messages through social media Instagram. The presentation consisted of a message of honor packaged through a videogram containing some of the da'wah and also the value of education and comedy was more easily accepted by the public and the public was favored by adolescents. Keywords: Message of da’wah; Instagram; Social media.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tabligh

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Focus and Scope Tabligh Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam publishes original researches in multi concepts theories, perspectives, paradigms, and methodologies on Islamic communication studies. Specific topics of interest include Public speaking, writing and journalism, Mass media, Social media, ...