Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Vol 5 No 1 (2020): Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam

Web Series Sebagai Media Dakwah (Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Web Series Ramadhan Terakhir Episode 1-4 Tahun 2018)

Syarah Nurathari Jannah (Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Yaya Yaya (Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Aang Ridwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2020

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui web series sebagai media dakawah dari aspek penanda dan petanda pesan dakwah, makna denotasi dan konotasi pesan dakwah, serta untuk mengetahui makna baru dari dakwah Islam dalam web series Ramadhan Terakhir Episode 1-4 tahun 2018. Metode penelitiannya menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes dengan mengamati isi pesan dalam web series Ramadhan Terakhir malalui berbagi tanda-tanda atau lambang-lambang yang secara konvensional memiliki arti. Tanda-tanda itu termasuk berbagai sistem tanda yang bekerja sama dengan baik untuk mencapai efek yang diharapkan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa web series Ramadhan Terakhir episode 1-4 yang di produksi oleh Line Indonesia, merupakan inovasi dari media dakwah yang memuat banyak pesan-pesan dakwah yang ditunjukkan oleh penanda dan petanda, serta makna denotasi dan konotasinya. Diantara pesan dakwah yang terkandung dalam web series tersebut antara lain pesan akhlak seperti tolong menolong terhadap sesama dan pesan aqidah seperti anjuran untuk bertawakal kepada Allah dalam menghadapi setiap peristiwa yang terjadi. Pesan-pesan dakwah yang terkandung dalam web series Ramdahan Terakhir ini pada dasarnya merupakan salah satu bentuk dlam merealisasikan ajaran Islam, yakni menjadi uswatun hasanah dalam setiap tingkah laku. This paper aims to find out the web series as a media of dakawah from the aspects of the message markers and markers, the meaning of denotation and connotation of the message of da’wah, and to find out the new meaning of Islamic propaganda in the Ramadan Terakhir web series Episodes 1-4 of 2018. The research method uses analytical methods Roland Barthes's semiotics by observing the contents of messages in the Ramadhan Terakhir web series through sharing signs or symbols that conventionally have meaning. The signs include various sign systems that work well together to achieve the expected effect. The results of the study show that the Ramadhan Terakhir web series episodes 1-4 produced by Line Indonesia, are innovations from da’wah media that contain many propaganda messages shown by markers and markers, as well as the meaning of denotation and connotation. Among the da'wah messages contained in the web series include moral messages such as help for others and aqeedah messages such as encouragement to trust God in facing any event that occurs. Da'wah messages contained in the Last Ramdahan web series are basically one form of realizing Islamic teachings, which is to become uswatun hasanah in every behavior

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tabligh

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Focus and Scope Tabligh Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam publishes original researches in multi concepts theories, perspectives, paradigms, and methodologies on Islamic communication studies. Specific topics of interest include Public speaking, writing and journalism, Mass media, Social media, ...