Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Vol 2 No 2 (2017): Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam

Analisis Semiotika Isi Pesan Dakwah dalam Film Ada Surga di Rumahmu

Mega Dewi (UIN Bandung)
Yaya Yaya (Unknown)
Heny Gustini Nuraeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang makna denotasi, makna konotasi dan makna mitos dari pesan-pesan dakwah yang terdapat dalam film Ada Surga di Rumahmu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif-deskriptif, metode yang digunakan adalah metode deskriptif, penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes berupa makna denotasi, makna konotasi dan makna mitos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna denotasi adegan-adegan dalam film ini yaitu kebanyakan pengambilan gambarnya menggunakan medium shot (pengambilan setengah badan) karena untuk mempertegas ekspresi dari beberapa pemeran agar terlihat jelas raut muka yang membawa emosi penonton kedalam cerita. Makna konotasi adegan-adegan dalam film ini yaitu tentang Rido Allah terletak pada Rido orang tua, ketetapan qodo dan qodar megenai jodoh dan kematian, tidak boleh bersentuhan selain mahrom, menghormati guru, kewajiban berdakwah, menghormati orang tua, larangan bersifat sombong, anjuran meminta maaf, dan menjenguk orang sakit. Makna mitos yang terlihat jelas dalam film ini yaitu tanpa adanya rido yang didapat dari kedua orang tua maka semua rencana tidak akan berjalan dengan lancar, begitupun sebaliknya, dengan adanya rido dari kedua orang tua, maka semua rencana akan dipermudah oleh Allah SWT. The purpose of this research is to know about the meaning of denotation, the meaning of connotation and the meaning of the myth of messages of da'wah that exist in the movie Ada Surga di Rumahmu. This research is a qualitative-descriptive research, the method used is descriptive method, this research uses semiotics analysis Roland Barthes in the form of denotation meaning, meaning connotation and meaning of myth. The results show that the meaning of denotation scenes in this film is mostly shooting using medium shot (half-body capture) because to reinforce the expression of some actors to be clearly visible face that brings the emotions of the audience into the story. The meaning of the connotations of the scenes in this movie is about sincerity of God lies in the elder sincerity, qodo and qodar determination mate dating and death, should not touch other than mahrom, respecting teachers, duty of duty, respect for parents, prohibition is arrogant, suggestion apologize , and visit the sick. The meaning of the myth that clearly visible in this film is that without the rido obtained from both parents then all the plans will not run smoothly, vice versa, with the sincerity of both parents, then all plans will be facilitated by Allah SWT.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

tabligh

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Focus and Scope Tabligh Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam publishes original researches in multi concepts theories, perspectives, paradigms, and methodologies on Islamic communication studies. Specific topics of interest include Public speaking, writing and journalism, Mass media, Social media, ...