Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Guided Discovery Learning pada materi IPA dikelas V SD Negeri 11 Konda. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian yaitu: (a) perencanaan (planning), (b) pelaksanaan tindakan (action), (c) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), dan (d) refleksi (reflection). Jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi sedangkan data kualitatif melalui tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil analisis penelitian pada siklus I terdapat 19 siswa yang telah mencapai nilai ≥ 70 dengan ketuntasan sebesar 55,88% dan terdapat 15 siswa atau  44,11%  yang tidak tuntas, dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa tersebut adalah 69,85%. Siklus II terdapat 30 siswa yang telah mencapai nilai ≥ 70 dengan ketuntasan sebesar 88,23%, dan terdapat 4 siswa atau 11,76% yang tidak tuntas, nilai rata-rata yang diperoleh siswa tersebut adalah 80,29%. Disimpulkan bahwa penerapan model Guided Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi IPA. Kata Kunci : Guided Discovery Learning; Hasil Belajar IPA
Copyrights © 2020