Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 2, No 2 (2020)

PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPA DI KELAS V SD NEGERI 11 KONDA

Natallia, Desi (Unknown)
Yasin, Muhammad (Unknown)
B, Amiruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Guided Discovery Learning pada materi IPA dikelas V SD Negeri 11 Konda. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian yaitu: (a) perencanaan (planning), (b) pelaksanaan tindakan (action), (c) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), dan (d) refleksi (reflection). Jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi sedangkan data kualitatif melalui tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil analisis penelitian pada siklus I terdapat 19 siswa yang telah mencapai nilai ≥ 70 dengan ketuntasan sebesar 55,88% dan terdapat 15 siswa atau  44,11%  yang tidak tuntas, dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa tersebut adalah 69,85%. Siklus II terdapat 30 siswa yang telah mencapai nilai ≥ 70 dengan ketuntasan sebesar 88,23%, dan terdapat 4 siswa atau 11,76% yang tidak tuntas, nilai rata-rata yang diperoleh siswa tersebut adalah 80,29%. Disimpulkan bahwa penerapan model Guided Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi IPA. Kata Kunci : Guided Discovery Learning; Hasil Belajar IPA

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...