Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7 No 2 (2018)

Kemampuan Menghitung Integral Tak Tentu Dan Tentu Dari Fungsi Aljabar Sederhana Serta Penerapannya Dalam Menghitung Luas Daerah Di Bawah Kurva Siswa Kelas XII IPS SMA Syaichona Cholil Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018

Panca Kristiana (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman)
P.M. Labulan (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman)
Berahman Berahman (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2018

Abstract

Suatu penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan menghitung integral tak tentu dan tentu dari fungsi aljabar sederhana serta penerapannya dalam menghitung luas daerah di bawah kurva siswa kelas XII IPS SMA Syaichona Cholil Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2017, dengan subjek penelitian sebanyak 47 siswa, dan dengan objek penelitian yaitu kemampuan menghitung integral tak tentu dan tentu dari fungsi aljabar sederhana serta penerapannya dalam menghitung luas daerah di bawah kurva. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis berupa soal uraian sebanyak 6 butir soal. Teknik analisis data meliputi penilaian hasil tes kemampuan, pengelompokkan siswa berdasarkan nilai yang diperoleh, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 2,13% siswa berada dalam kategori sangat baik, 4,26% siswa berada dalam kategori baik, 4,26% siswa berada dalam kategori cukup, dan 89,36% siswa berada dalam kategori kurang. Dengan demikian kemampuan menghitung integral tak tentu dan tentu dari fungsi aljabar sederhana serta penerapannya dalam menghitung luas daerah di bawah kurva siswa kelas XII IPS SMA Syaichona Cholil Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018 adalah kurang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

primatika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika discusses problem in mathematics education realm such as problems in teaching and learning of mathematics or methodological problems in the field of research in mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, students, professors, and ...