Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu
Vol. 3 No. 1 (2021): JPPT Juni 2021

ALTERNATIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE

Resty Yolanda (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)
Sri Indah Rejeki (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)
Lora Sari Salsabilah (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)
Sukmawarti (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alternatif pembembelajaran matematika menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika. Populasi penelitian ini yakni guru SMA Negeri 1 Pegajahan & Pondok Pesantren Darul Hasanah yang mengajar program studi matematika. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, Instrumen penggumpulan data menggunakan angket dan juga wawancara. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti, pendidik melakukan pembelajaran bersama diwaktu yang sama menggunakan grup di media sosial seperti WhatsApp (WA),aplikasi google classroom dan media lainnya sebagai media pembalajaran. Dengan demikian pendidik dapat memastikan peserta didik mengikuti pembelajaran dalam waktu bersamaan, meskipun di tempat yang berbeda.Tapi, kasus yang banyak terjadi ketika sistem pembelajaran daring ini diantaranya, tidak meratanya siswa dan orang tua siswa yang pandai mengoperasikan media online, tidak semua orang tua siswa mampu membeli kuota internet, sinyal internet dirumah siswa tidak terjangkau, sebagian besar orang tua siswa tidak memiliki ponsel atau smartphone sebagai sarana belajar secara online untuk anak mereka, dan kurangnya motivasi belajar disebabkan tidak langsung tatap muka

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPT

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian atau kajian teoritis dalam bidang pendidikan dasar yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, maupun pemerhati ...