BUDGETING : Journal of Business, Management and Accounting
Vol 2 No 1 (2020): BUDGETING : Journal of Business, Management and Accounting

Nilai Perusahaan Berdasarkan Price Earning Ratio (PER) dan Good Corporate Governance (GCG)

Moh. Firman Ardiansyah (Universitas Muhammadiyah Jember)
Norita Citra Yuliati (Universitas Muhammadiyah Jember)
Rendy Mirwan Aspirandi (Universitas Muhammadiyah Jember)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Price Earnings Ratio (PER) dan Good Corporate Governance (GCG) dengan proksi (komite audit, komisaris independen, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial) terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jumlah populasi yang diamati sebanyak 174 perusahaan di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Price Earning Ratio (PER) secara parsial berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan variabel Good Corporate Governance (GCG) yang diproksikan oleh komite audit, komisaris independen, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh secara parsial terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Simpulan, berdasarkan analisis PER, semakin baik kualitas Investment Opportunity Set (IOS) akan selalu diikuti dengan kenaikan nilai perusahaan. Sedangkan semakin baik kualitas GCG tidak selalu diikuti dengan kenaikan nilai perusahaan. Kata Kunci: Good Corporate Governance, Nilai Perusahaan, Price Earning Ratio

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BUDGETING

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

BUDGETING : Journal of Business, Management and Accounting is published by IPM2KPE as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field and development o, Business, Management and Accounting .The journal is published annually 2 times ...