Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tapung Hilir. Rumusan masalahnya adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tapung Hilir? Hipotesis dari penelitian ini adalah : jika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together maka dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tapung Hilir. Penelitian ini dilakukan sebanyak III suklus. Persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 66,7% (kategori : baik), pada siklus II adalah 83,3% (kategori : amat baik) dan pada silus III adalah 93,8% (kategori: amat baik). Sedangkan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 51,4% (kategori : cukup), pada siklus II adalah 64,9% (kategori : baik) dan pada siklus III adalah 83,9% (kategori : amat baik). Berdasarkan analisis data dan pembahasan penelitian. Rerata hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Rerata hasil belajar siswa pada skor dasar adalah 60,1, pada siklus I 69,2, pada siklus II 75,2 dan pada siklus III 84,3. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 tapung Hilir. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020