FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 2 No 2 (2019): FARABI

Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika antara Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pembelajaran Langsung

Rizkyanda Tamami, Yumira Simamora, Israq Maharani (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pembelajaran Langsung Materi Pecahan Kelas VII SMP Negeri 2 Deli Tua Tahun Pembelajaran 2019-2020. Metode penelitian ini adalah Kuantitatif Eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Deli Tua Tahun Pembelajaran 2019-2020 yang berjumlah 252 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik random sampling sehingga didapatkan sampel yaitu kelas VII-1 sebagai Eksperimen A dan kelas VII-2 sebagai Eksperimen B yang masing-masing kelas berjumlah 36 orang siswa. Jenis instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Hasil penelitian dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 20,3 > 1,997. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pembelajaran langsung kelas VII SMP Negeri 2 Deli Tua tahun Pembelajaran 2019-2020 pada materi pecahan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JMPM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Mathematics

Description

FARABI; Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (JMPM) menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian, artikel review, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika dan terapan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, mahasiswa, profesor, dan peneliti, yang akan ...