FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2021): FARABI

Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match (ICM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik

Yulina Giawa (SMP Swasta BNKP Luzamanu, Nias Utara, Sumatera Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan ICM dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Jenis penelitian ini adalah Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas) dengan dua siklus. Penelitian ini mengambil subjek siswa kelas VIII SMP Swasta BNKP Luzamanu yang berjumlah 32 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes dan non tes. Instrumen penelitian ini menggunakan soal cerita dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa penggunaan strategi pembelajaran Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa untuk menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Swasta BNKP Luzamanu. Hal tersebut dapat dibuktikan dari meningkatnya kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dari kondisi awal (pra siklus) yaitu dengan rata-rata 6,6  menjadi 7,47 pada siklus I dan pada kondisi akhir siklus II rata-ratanya menjadi 8,88. Persentase jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat dari kondisi awal 21,88%, meningkat menjadi 45,75% pada evaluasi siklus I dan menjadi 78,13% pada evaluasi siklus II.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JMPM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Mathematics

Description

FARABI; Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (JMPM) menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian, artikel review, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika dan terapan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, mahasiswa, profesor, dan peneliti, yang akan ...