Jurnal Kebidanan
VOLUME 5 NO.2 DESEMBER 2013

MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN DISIPLIN BELAJAR PADA MAHASISWA

Ida Untari (Unknown)
Endang Maningsih STIKES PKU Muhamdiyah Surakarta (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2014

Abstract

ABSTRAK Belajar merupakan suatu cara untuk menjaga kelangsungan spesies manusia. Meskipun setiap bayi yang baru dilahirkan telah membawa beberapa naluri/instink dan potensi-potensi untuk kelangsungan hidupnya, tetapi jumlahnya terbatas sekali. Prestasi belajar merupakan indikator yang penting untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar. Tinggi rendahnya prestasi mahasiswa banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor antara lain motivasi, disiplin dan cara belajar. Mahasiswa. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi terhadap disiplin belajar mahasiswa. Metode penelitian ini berupa korelasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, sejumlah 50 responden. Instrumen menggunakan kuesioner. Analisa bivariate menggunakan uji Kendal Tau, Hasil penelitian membuktikan ada hubungan antara motivasi berprestasi terhadap disiplin belajar mahasiswa dengan hasilrhitung > rtabel (0,668>0,05). Hal tersebut juga dibuktikan dengan nilai p : 0,000 < 0,05 pada signifikansi 95%. Kesimpulan terdapat hubungan antara motivasi berprestasi dengan disiplin belajar. Derajat hubungan termasuk kuat atau tinggi dan arah hubungannya sebanding, artinya semakin baik motivasi berprestasi maka akan semakin baik pula disiplin belajar pada mahasiswa. Kata Kunci: Motivasi berprestasi, disiplin belajar.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jkeb

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology

Description

ABSTRAK Latar Belakang : Involusi uterus adalah suatu proses dimana uterus kembali ke kondisi sebelum hamil. Proses ini dimulai segera plasenta lahir akibat kontraksi otot-otot polos uterus (Ambarwati, 2009). Senam nifas adalah latihan jasmani yang dilakukan setelah melahirkan, dimana fungsinya ...