PIKSEL : Penelitian Ilmu Komputer Sistem Embedded and Logic
Vol 2 No 1 (2014): Maret 2014

ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN HARDWARE KOMPUTER DENGAN METODE DEMONSTRASI BERBASIS TIGA DIMENSI

Yoshiya, Andreans (Unknown)
Hidayat, Aziz Setyawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2018

Abstract

ABSTRACT People who are still learning the system manually by using face-to -face private or group class is less effective . With the cost issues for practice learning in the form of expensive physical examples such as learning computer assembly . Moreover, with limited manpower in general , made ​​public no intention to learn . Facilities and teaching to the learning community is expected to be given to the maximum so that people can implement useful learning for education or employment. Method demonstration become a factor in the response to people quickly learn something like recognition and computer assembly . Interactive animation introduction of computer -based three- dimensional and assisted with the demonstration method allows users to learn and better understand themselves as assisted object - the object three- dimensional look that can be seen as the original . The software used for the creation of interactive animations and this is with Unity 3D Blender for 3D modeling. Keyword : Animation, Introduction to Computer Hardware , Method Demonstration , Three Dimensional. ABSTRAK Sistem pembelajaran masyarakat yang masih menggunakan cara manual yaitu dengan bertatap muka dikelas private maupun berkelompok kurang efektif. Dengan masalah biaya untuk praktek pembelajaran yang berupa fisik yang mahal contohnya seperti belajar perakitan komputer. Terlebih lagi dengan tenaga kerja yang terbatas pada umumnya, membuat masyarakat tidak ada niat untuk belajar. Fasilitas dan pengajaran terhadap masyarakat dalam pembelajaran diharapkan dapat diberikan secara maksimal sehingga masyarakat dapat mengimplementasikan pembelajaran yang berguna untuk pendidikan ataupun pekerjaan. Metode demonstrasi menjadi salah satu acuan agar masyarakat cepat tanggap dalam mempelajari sesuatu seperti pengenalan dan perakitan komputer. Animasi Interaktif pengenalan komputer yang berbasis tiga dimensi dan dibantu dengan metode demonstrasi memungkinkan pengguna dapat belajar dan lebih paham dengan sendirinya karena dibantu objek – objek tiga dimensi yang dapat dilihat seperti terlihat aslinya. Perangkat lunak yang digunakan untuk pembuatan animasi interaktif ini adalah dengan Unity dan Blender 3D untuk modeling 3D. Kata Kunci : Animasi. Pengenalan Hardware Komputer, Metode Demonstrasi, Tiga Dimensi.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

piksel

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal PIKSEL diterbitkan oleh Universitas Islam 45 Bekasi untuk mewadahi hasil penelitian di bidang komputer dan informatika. Jurnal ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2013 dengan masa terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari dan September. Mulai tahun 2014, Jurnal PIKSEL mengalami ...