Sciening : Science Learning Journal
Vol. 1 No. 1: Juni 2020

Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII SMP Negeri 2 Tondano

Fatma Bobihu (Universitas Negeri Manado)
Anneke T. Rondonuwu (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses sains. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tondano. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, Subjek siswa kelas VIII B yang berjumlah 26 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan proses sains dan tes essay. Hasil penelitian dari 26 siswa, pencapaian KKM mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 65,38% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 92,30% yang tuntas dan hasil belajar keterampilan proses sains siswa pada siklus I 80,76% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 96,15%. Hal ini jelas menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses sains pada materi sistem ekskresi manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Tondano.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...