Bestari: Jurnal Studi Pendidikan Islam
Vol 14 No 2 (2017): Studi Pendidikan Islam

KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SYAIKH TAQIYUDDIN AN-ABHANI DALAM BUKU NIDHAM AL-ISLAM

WAFIATUNNISA, AMATULLAH (Unknown)
Darifah, Udung Hari (Unknown)
HAYATUNNUFUS, ALIFA BAIDURI (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap tujuan, strategi pembelajaran dan kurikulum pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Tujuan Pendidikan Islam adalah membentuk kepribadian Islam serta membekalinya dengan berbagai ilmu dan pengetahuan yang berhubungan dengan kehidupan. Metode penyampaian pelajaran dirancang untuk menunjang tercapainya tujuan tersebut. Setiap metodologi yang tidak berorientasi pada tujuan tersebut dilarang; 2) Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani menyebutkan bahwa strategi pembelajaran pendidikan Islam dibuktikan dengan hanya terdapat satu kurikulum pendidikan. Tidak boleh digunakan kurikulum selain kurikulum negara. Tidak ada larangan untuk mendirikan sekolah-sekolah swasta selama mengikuti kurikulum negara dan berdiri bedasarkan strategi pendidikan yang di dalamnya terealisasi politik dan tujuan pendidikan. Hanya saja pendidikan di sekolah itu tidak boleh bercampur baur antara laki-laki dengan perempuan baik di kalangan murid maupun guru. Juga tidak boleh dikhususkan untuk kelompok, agama, mazhab, ras atau warna kulit tertentu; 3) Menurut Syaikh Taqqiyuddin an-Nabhani isi kurikulum pendidikan wajib berlandaskan akidah Islamiyah. Mata pelajaran serta metodologi penyampaian pelajaran seluruhnya disusun tanpa adanya penyimpangan sedikikitpun dalam pendidikan dari asas tersebut

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

bestari

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Bestari: Jurnal Studi Pendidikan Islam| This journal covers textual and fieldwork studies with various perspectives of all educational areas studies including Islamic philosophy of education, Islamic educational psychology, sociology of education, curriculum, learning models, learning strategies, ...