Bestari: Jurnal Studi Pendidikan Islam
Vol 15 No 1 (2018): Studi Pendidikan Islam

POLA ASUH ORANG TUA DALAM ISLAM SEBAGAI AWAL PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK

Nur'aeni, Nunur (Unknown)
Endang, Ujang (Unknown)
Fitri, Sofia Ratna Awwaliyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam Islam sebagai awal perkembangan kecerdasan emosional anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1). Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Islam sering di sebut dengan kecerdasan hati (kecerdasan qalbu) yaitu perilaku seseorang akan terlihat sesuai dengan hatinya, apabila hati tersebut bersih akan terbentuk akhlakul karimah, yang mampu mengendalikan perbuatan yang tidak sesuai dengan syariat Islam karena ada rasa takut dalam dirinya dan mampu menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, dan ketika hatinya rusak atau kotor perbuatannya pun akan rusak pula karena tidak ada rasa takut dalam dirinya terhadap orang lain maupun sang penciptanya. (2). Bentuk-bentuk kecerdasan emosional dalam perspektif Islam. (a). Istiqomah ialah keteguhan hati, (b).Tawadhu’ kerendahan hati, (c). Tawakkal berserah diri, (d). Ikhlas tampa mengharap balasan. (3). Peran orang tua dalam mendidik kecerdasan emosional anak dalam perspektif pendidikan Islam. Mengajarkan tatakrama dengan menanamkan nilai-nilai sopan santun, mengembangkan kasih sayang afirmasip dengan memiliki hubungan yang terbuka dan saling menyayangi dengan anak memperoleh keterampilan menguasai situasi dan kesehatan anak. Menumbuhkan rasa empati, dan mengajarkan kejujuran dan berfikir realistis.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bestari

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Bestari: Jurnal Studi Pendidikan Islam| This journal covers textual and fieldwork studies with various perspectives of all educational areas studies including Islamic philosophy of education, Islamic educational psychology, sociology of education, curriculum, learning models, learning strategies, ...