Bestari: Jurnal Studi Pendidikan Islam
Vol 13 No 2 (2016)

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Kumon pada Pelajaran Matematika

Handayani, Novia (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2017

Abstract

Dalam pembelajaran,model mempunyai kedudukan yang sangat penting, pemilihan model yang salah akan berakibat patal terhadap prestasi belajar siswa. Kenyataan dilapanganmenunjukan bahwa dalam pembelajaran Matematika di MI andalam pelaksanaan pembelajaranya menggunakan metode ceramah sehingga hanya bisa mencapai KKM saja. Masalah pokok dalam penelitian ini, yaitu:1) bagaimana penyusunan rencana pembelajaran Matematika dengan menggunakan Model Kumon untuk meningkatkan hasil belajar siswa? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaranMatematika dengan menggunakan Model Kumon untuk meningkatkan hasil belajar siswa? 3) Bagaimana meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelejaran Matematika dengan menggunakan Model Kumon?. Penulis memperoleh kesimpulan sebagai berikut:1)Penyusunan RPP dengan menggunakan Model Kumon untuk meningkatkan hasil belajar siswapada mata pelajaran Matematika sudah sangat baik, pada siklus 1pertemuan 1 mencapai 81,25%, pertemuan 2 mencapai 89,58%dan siklus II pertemuan 3 mencapai 95,83% pertemuan 4 mencapai 98,6%. 2) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Model Kumon untuk meningkatkan hasil belajar siswapada mata pelajaran Matematika sudah sangat baik, pada siklus 1pertemuan 1 mencapai 78,05%, pertemuan 2 mencapai 86,99%dan siklus II pertemuan 3 mencapai 96,93% pertemuan 4 mencapai 98,37%.3) Peningkatan hasil belajar siswapada mata pelajaran Matematika mengalami peningkatan. Adapun hasil tes pada siklus 1pertemuan 1 mencapai 75%, pertemuan 2 mencapai 75,83%dan siklus II pertemuan 3 mencapai 86,67% pertemuan 4 mencapai 95%.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

bestari

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Bestari: Jurnal Studi Pendidikan Islam| This journal covers textual and fieldwork studies with various perspectives of all educational areas studies including Islamic philosophy of education, Islamic educational psychology, sociology of education, curriculum, learning models, learning strategies, ...