Dalam pembelajaran,model mempunyai kedudukan yang sangat penting, pemilihan model yang salah akan berakibat patal terhadap prestasi belajar siswa. Kenyataan dilapanganmenunjukan bahwa dalam pembelajaran Matematika di MI andalam pelaksanaan pembelajaranya menggunakan metode ceramah sehingga hanya bisa mencapai KKM saja. Masalah pokok dalam penelitian ini, yaitu:1) bagaimana penyusunan rencana pembelajaran Matematika dengan menggunakan Model Kumon untuk meningkatkan hasil belajar siswa? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaranMatematika dengan menggunakan Model Kumon untuk meningkatkan hasil belajar siswa? 3) Bagaimana meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelejaran Matematika dengan menggunakan Model Kumon?. Penulis memperoleh kesimpulan sebagai berikut:1)Penyusunan RPP dengan menggunakan Model Kumon untuk meningkatkan hasil belajar siswapada mata pelajaran Matematika sudah sangat baik, pada siklus 1pertemuan 1 mencapai 81,25%, pertemuan 2 mencapai 89,58%dan siklus II pertemuan 3 mencapai 95,83% pertemuan 4 mencapai 98,6%. 2) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Model Kumon untuk meningkatkan hasil belajar siswapada mata pelajaran Matematika sudah sangat baik, pada siklus 1pertemuan 1 mencapai 78,05%, pertemuan 2 mencapai 86,99%dan siklus II pertemuan 3 mencapai 96,93% pertemuan 4 mencapai 98,37%.3) Peningkatan hasil belajar siswapada mata pelajaran Matematika mengalami peningkatan. Adapun hasil tes pada siklus 1pertemuan 1 mencapai 75%, pertemuan 2 mencapai 75,83%dan siklus II pertemuan 3 mencapai 86,67% pertemuan 4 mencapai 95%.
Copyrights © 2016