Bestari: Jurnal Studi Pendidikan Islam
Vol 15 No 1 (2018): Studi Pendidikan Islam

KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT SYEKH IBNU‘ATHAILLAH AS-SAKANDARI DALAM KITABNYA AL-HIKAM

Alimudin, Irpan (Unknown)
Selamet, Selamet (Unknown)
Darifah, Udung Hari (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Konsep Pendidikan Akhlak menurut Syekh Ibnu Athaillah As-Sakandari. 2) Tujuan Pendidikan Akhlak menurut Syekh Ibnu Athaillah As-Sakandari, dan 3) Nilai-nilai Pendidikan Akhlak menurut Syekh Ibnu Athaillah As-Sakandari.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-analisis. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan atau dokumentasi. Setelah melakukan analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Syekh Ibnu Athaillah As-Sakandari berpendapat bahwa akhlak merupakan sifat manusia yang terdidik. 2) Syeikh Ibnu Athaillah As-Sakandari menegaskan tujuan pendidikan akhlak adalah agar peserta didik dapat mencapai Arifin, Siddiqin, Ihsan, Syukur, Zuhud, Raja, Khauf dan Ma’rifat Kepada Allah Swt. 3) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Al-Hikam di antaranya, keluar dari sifat manusia yang merusak, memilih teman yang baik, memberikan nasihat baik kepada semua orang, menjauhi hawa nafsu, bertutur kata yang baik, mendalami hakikat ilmu, berpikir, bersyukur, berdoa, selalu mengingat Allah Swt, bersandar pada sifat Rububiyyah (Ketuhanan), mempelajari alam semesta, raja’ dan khauf kepada Allah Swt, istiqamah dalam kebaikan, dan mencintai Allah dan berma’rifat kepada-Nya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bestari

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Bestari: Jurnal Studi Pendidikan Islam| This journal covers textual and fieldwork studies with various perspectives of all educational areas studies including Islamic philosophy of education, Islamic educational psychology, sociology of education, curriculum, learning models, learning strategies, ...