Jurnal Buana Informatika
Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Buana Informatika Volume 12 - Nomor 1 - April 2021

Pembentukan Dataset Token Sentimen Berdasarkan Akun Instagram Brand Elektronik Menggunakan K-Nearest Neighbors

Nugraha, Kristian Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2021

Abstract

Abstract. Generating Sentiment Token Dataset Based on Electronics Brand Instagram Account using K-Nearest Neighbors. Instagram is currently one of the most popular social media platforms for businesses and brand owners to promote their products. Because Instagram is a two-way communication platform, people can respond to any promotional content posted on Instagram. People's reactions come in a variety of form, and frequently include both positive and negative sentiment. This study aims to identify the words used in one type of sentiment, then use the K-NN approach to construct a token dataset by summarizing the phrases in many labels according to the sentiment type. The total accuracy value of the dataset for K = 1 is 33.38% (positive), 59.96% (negative), and 56.60% (neutral) based on the results of the tests performed.Keywords: sentiment analysis, K-Nearest Neighbors, dataset, InstagramAbstrak. Instagram saat ini menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh perusahaan atau pemilik brand untuk melakukan promosi terhadap produk-produk yang dimilikinya. Karena bersifat dua arah, masyarakat dapat memberikan respon terhadap aktivitas promosi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan melalui Instagram. Respon dari masyarakat memiliki varian yang beragam dan seringkali mengandung unsur sentimen baik positif maupun negatif. Penelitian ini mencoba untuk mengidentifikasi kata-kata yang digunakan dalam satu jenis sentimen, kemudian membuat dataset token dengan cara merangkum kata-kata tersebut dalam beberapa label sesuai jenis sentimen masing-masing menggunakan metode K-NN. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, didapatkan nilai akurasi dari dataset sebesar 33.38% (positif), 59.96% (negatif), dan 56.60% (netral) untuk K = 1.Kata Kunci: analisis sentimen, K-Nearest Neighbors, dataset, Instagram

Copyrights © 2021