AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
Vol 10, No 1: Juni 2020

MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

Yuliani Yuliani (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)
Destiniar Destiniar (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)
Jayanti Jayanti (UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkannya Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMP Negeri 12 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan Pretest and Posttest Group. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dimana teknik analisis datanya menggunakan gain ternormalisasi. Berdasarkan hasil analisis uji N-Gain data tes awal (pretest) dan tes akhir (postest) diperoleh indeks gain 0,62 yang interpretasinya sedang dengan nilai rata-rata Pretest yaitu 55,64 dan nilai rata-rata Posttest yaitu 83,32. Maka dapat disimpulkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMP Negeri 12 Palembang  di katagorikan sedang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

AdMathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Admathedu is a peer-reviewed open access journal published twice in a year (June and December) since 2011. The Admathedu aims to provide an national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics ...