Kurikulum memiliki peran penting dalam mendukung keberhasilan tujuan dari tiap-tiap komponen pendidikan. Pengembangan kurikulum secara dinamis perlu dilakukan guna menyikapi perubahan yang terjadi di masyarakat. Oleh karena itu kurikulum integrasi hadir sebagai bentuk pengembangan kurikulum yang memadukan antara kurikulum nasional dengan kurikulum yang dimiliki oleh sekolah. Pengembangan kurikulum integrasi tersebut sangat baik diterapkan pada jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) guna menyeimbangkan kompentensi pengetahuan, keterampilan, dan karakter anak.Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan dan menganalisis integrasi kurikulum mengoptimalkan kecerdasan majemuk anak di PAUD. Metode penelitian:  kualitatif deskriptif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Data yang sudah diperoleh di analisis lalu di cek keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi dan member check.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan anak dapat dioptimalkan dengan baik melalui proses pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai tauhid pada setiap pengembangan enam aspek yaitu: nilai agama moral, kognitif, bahasa, fisik-motorik, sosial-emosiaonal dan seni. Model pembelajaran yang digunakan sekolah adalah kelas sentra dengan metode pembiasaan diri.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021